Mengajar: Aktivitas Istimewa Seorang Guru
To see the teacher’s health problem from another perspective,
To enjoy how the feeling of teaching-learning
even if you’re unwell,
Segala hal yang terjadi dibalik
gerbang dan gedung sekolah selalu menjadi misteri. Tidak semua khalayak mengetahui
bagaimana aktivitas siswa ketika masuk ruang kelas dan menunggu kedatangan guru
mereka setiap harinya. Pekerjaan guru tidaklah terlepas dari aktivitas harian
bersama siswa. Bercengkrama bersama mereka, berbagi cerita menarik dan
menginspirasi, bertukar informasi dan motivasi, dan banyak hal lainnya belum
sering terpublikasi.
Selama ini mengajar sering
dianggap sebagai aktivitas yang berlangsung begitu saja. Anggapan ini sering
muncul dalam berbagai obrolan ringan di warung kopi, mahasiswa pendidikan di
kafe wifi, sampai kritisi yang berdiskusi pada layar tv. Tidak sedikit yang
mengira bahwa mengajar hanyalah urusan tentang seorang guru yang datang
mengabsen siswa dan mentransfer materi selama jam pelajaran. Padahal mengajar bukan
hanya begitu saja namun aktivitas ini memerlukan persiapan secara fisik dan
mental yang membutuhkan energi. Memang aktivitas paling dominan yang dilakukan
seorang guru selama di sekolah adalah mengajar. Namun. Ini bukan perkara yang
mudah. Apalagi bagi guru yang baru memulai karirnya.
Perkara mudah ataupun sukar
adalah relatif. Mari kita lihat mengajar sebagai aktivitas positif yang
melahirkan energi yang menyehatkan. Jika seorang guru mengajar dengan penuh gairah
positif mungkin saja ia akan dapat merasakan sensasi tersendiri. Tentu saja sensasi
ini hanya bisa dirasakan pada saat tertentu oleh guru tertentu. Mengajar dengan
adanya sugesti positif akan menghasilkan energi baru yang mampu menyehatkan
badan. Berdasarkan pengalaman, jika saja kondisi tubuh guru tersebut ‘kurang
‘fit’, maka cobalah masuk ke dalam ruang kelas dengan penuh semangat dan
optimisme. Percaya atau tidak, keyakinan untuk memberikan yang terbaik untuk
siswa akan memancing perasaan sehat dan baik-baik saja. Begitulah yang selama
ini dialami banyak guru dengan berbagai atmosfernya.
Pada ruang kelas yang berbeda,
siswa yang berbeda, dan setiap guru yang berbeda, selalu ada atmosfer yang
berbeda. Satu sisi yang menarik ketika guru berdiri didepan kelas dan menyapa
siswa adalah terlahirnya satu daya positif. Daya positif hubungan interaksi
antara mentor dan mentee. Daya yang terhubung akan saling memberi dan
saling menerima. Daya inilah yang mampu membantu menyehatkan tubuh lebih dari
sekadar sugesti. Ucapan salam yang dijawab oleh siswa, senyum manis mereka,
suara sapaan ramah mereka, adalah hal yang sangat indah.
Semoga saja teaching menjadi sangat indah dan menarik. Dan semoga bertemu students membuahkan kebahagiaan yang
selalu ada setiap hari. Teaching is
medicine and students are vitamin.
Mu/ 3-2-2017
Komentar
Posting Komentar