Langsung ke konten utama

Memahami Kompetensi Multiliterasi

Pada sebuah seminar yang saya ikuti bertemakan tentang kompetensi literasi, salah satu pembicara mengemukakan tentang evolusi dari literasi ke multiliterasi.
Dikatakan bahwa membangun kompetensi literasi termasuk didalamnya adalah membangun rasa nasionalisme. Pembicara berkata bahwa guru bisa mengimplementasikannya melalui menyanyikan lagu-lagu nasional bersama siswa baik dalam bentuk bahasa Indonesia dan Inggris. Ini adalah bentuk upaya membangun rasa nasionalisme dan mengenal lagu nasional dalam program literasi.

Literasi berevolusi dari waktu ke waktu.
Alphabet/Aksara
Dapat membaca
Gambar, grafik, elektronik, kinestetik
Multiliterasi

Segala hal yang mengandung arti dapat dikatakan sebagai TEKS.
Literasi bisa didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengerti berbagai teks dalam berbagai bentuk yang lebih dari membaca dan menulis. Jika seseorang mampu berkemampuan seperti hal tersebut, mampu berliterasi, maka dikatakanlah "literat"

Membangun siswa untuk menjadi bagian dari literat adalah dimulai dari gurunya sendiri. Ketika suatu saat meminta siswa untuk menulis sebuah teks argumentatif dalam 16 menit, pernahkah kita meminta diri kita sendiri untuk menulis hal serupa?
Berdasarkan seminar, multiliterasi perlu dimulai dari pemahaman permendikbud no.23 th.2015 tentang budi pekerti membangun karakter siswa melalu program literasi sekolah.
Pihak sekolah, kepala sekolah, perlu menyediakan fasilitas agar para guru termasuk elemen caraka yang termasuk pedagang makanan agar mengerti literasi:
Misalnya dengan mengundang guru untuk menyumbangkan buku yang sudah digunakan (misalnya mendonasikan 5 buku perguru)

Tahapan penerapan multiliterasi:
Persiapan-Penerapan-Pengamatan-Evaluasi-Tindak lanjut.
Sebagai tahapan awal, bapak-ibu guru dapat mendownload FLIPBOARD dari google play.
Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menerapkan multiliterasi. Tugas kita sebagai teacher adalah menfasilitasi siswa dengan berbagai multimodaliti.
- - - -
This is my reflection from what I've written. The text above is my notes so it's not revised yet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI SONG 1

SONG KD 3.4: Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/ SMK/MAK  KD 4.4: Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/ SMK/MAK  A song consists of: Title – Lyrics – Theme - Expression of particular feeling - Moral lessons Examples of songs theme:   Peace, Environmental care, Friendship, Family, Patriotism, Parental love, Love, Protest. Examples of feeling within songs:   Lonely, Hopeful, Remorse, Faithful, Brave, Optimist Moral Lesson -Moral lessons of a song contain the important messages from the lyrics’ writer (or the singer) to the people who listen to the songs -A song may have more than one moral lessons -The moral songs are interpreted based on the freedom of the listeners Grammar Focus/Language features Some songs show expression of feeling through the lyrics, here are some example: Title/Singer: Eric Clapton  Lyrics: I must be strong and carry on. Cause I

APPLICATION LETTER 2

  Meeting 2 By Ms. Nuraeni Language features of application letter: Usually we find passive voice, present perfect, past perfect and present tense in application letter. a.   Passive voice: S + to be + V3 My curriculum vitae is attached The application letter has been sent on September 23, 2020 I can be contacted at 08624753802 or my email address rainynoer@yahoo.com b.   Present Perfect Tense: S + have/has + V3 I have graduated from University of Padjajaran in 2019 She has worked at the company for 5 years c.   Past perfect tense: S + had + V3 I had experienced in handling many customers affair when I worked at restaurant as guest relation officer. I hope you had written your curriculum vitae d.   Present Tense: S + V1 I work as secretary at one of the reputable companies in my town now. I am hard worker, good looking, and smart.   Read the following application letter and find out the language features used in the text. Nancy Wright 3

Recount Text: Biography of Famous People

  Recount - Biography Text Tujuan Pembelajaran: Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recout lisan dan tulis dalam bentuk biografi tokoh terkenal; dan mampu menangkap makna serta menyusun tek s recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi terkait tokoh terkenal sesuai konteks. Learning goals: Students will be able to differentiate a social function, the structure of the text, and the language features of several texts.  Students will be able to understand meaning get a new understanding of famous people's life. Students will be able to arrange a recount biography text about their precious people A recount is a text which retells event or experiences in the past, meanwhile, a biography is a detailed description of a person's life includes the basic facts like education, work, relationships, and death. By learning the recount biography text, we can know about someone's actions and