Langsung ke konten utama

Mengintegrasi Pembelajaran Abad 21

 Oleh Mursyid

Perkembangan teknologi membuat ilmu pengetahuan harus ikut berkembang dengan cepat. Hal ini membuat kebutuhan akan penyesuaian pada kurikulum pendidikan nasional. Belakangan ini dikabarkan akan adanya perubahan pada kurikulum pendidikan. Kurikulum perlu berubah dalam rangka memperbaiki yang sudah ada agar menjadi adaptif terhadap setiap zaman. Kebutuhan akan perubahan tersebut merupakan bukti bahwa pelaksanaan proses pendidikan dalam pengajaran dan pembelajaran semakin tergantung pada penguasaan teknologi dan informasi.

Sebagai ciri masyarakat modern, maka proses yang lebih efektif dan efisien menjadi harapan terhadap pendidikan yang lebih maju sesuai tantangan kehidupan abad 21. Berdasarkan teori generasi menurut Strauss&Howe (1997), generasi kelahiran 1995 sampai 2000an atau lebih dikenal sebagai generasi Z memiliki kecenderungan melakukan berbagai aktivitas dalam satu waktu dikarenakan mereka adalah generasi yang sudah mengenal teknologi sejak kecil. Anak generasi Z sebagai peserta didik pada tingkat SMA telah menjadi insan yang fasih teknologi dan akrab dengan dunia pada media sosial. Karena itu mereka menjadi kaum yang lebih menyukai hal aplikatif ketimbang teori dalam belajar.

Maka dari itu maka kurikulum 2013 harus mengimplementasikan pembelajaran abad 21 yang mampu menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik generasi Z. Untuk memahami pembelajaran abad ini, maka perlu difahami apa itu kurikulum dan apa yang melandasi implementasi kurikulum terhadap pembelajaran model ini. Berdasarkan UU no.20 tahun 2003 tentang sisdiknas, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Kemudian pada Permendikbud no.21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah (Sisdikdasmen) dipaparkan bahwa telah ditetapkannya Standar Kompetensi Lulusan yang berbasis pada Kompetensi Abad XXI dan seterusnya (hal 2.).

Sebuah pernyataan menurut Idris Apandi (2017) dalam tulisannya pada www.kompasiana.com mengutarakan bahwa terdapat tiga rangkaian implementasi K-13; penguatan pendidikan karakter, gerakan literasi, dan pembelajaran abad 21. Penguatan pendidikan karakter dijadikan sebagai basis dari kurikulum ini dan dilaksanakan oleh setiap guru selama pembelajaran. Terdapat penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang dinilai pada setiap pribadi peserta didik. Sejak tahun 2015, gerakan literasi sudah menjadi salah satu bentuk upaya penumbuhan budi pekerti di sekolah. Gerakan literasi ini diwujudkan dengan membiasakan membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Kini, pembelajaran abad 21 diperkenalkan pada langkah pembelajaran yang terencana oleh guru agar terintegrasi (menjadi kesatuan dalam pelajaran).

Selanjutnya, setelah  rencana implementasi tersebut, apa saja hal yang harus disesuaikan dengan proses pembelajaran dikelas sehingga berbaur dengan pembelajaran abad 21? Guru sebagai penyedia layanan pendidikan yang merupakan salah satu elemen pendidik diharapkan mampu menerapkan pembelajaran 21st century; communication, collaboration, critical thinking, creativity (4C). Siswa dibekali dengan keterampilan berkomunikasi, berkolaborasi, berfikir kritis, serta berkreatifitas sehingga akan mampu menjadi insan yang tumbuh sesuai perkembangan zaman dan mampu memberikan banyak manfaat.

Penerapannya dapat dimulai dari penyesuaian antara tujuan pembelajaran pada kompetensi dasar, langkah-langkah pembelajaran, hingga proses penilaian. Dengan kata lain memberikan warna baru karakter pengajaran dan pembelajaran terintegrasi. Arti kata ‘mengintegrasi’ dalam KBBI berarti adalah pembauran hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh. Sebagai contoh ide pebelajaran yang terintegrasi dalam pelajaran Bahasa Inggris dapat menggunakan gawai dan aplikasi didalamnya. Semisal penggunaan aplikasi android atau windows kamus gratis laring ‘Kamusku’ dan ‘Webster dictionary’ untuk membantu pencarian dan pengayaan kosa kata; aktivitas membaca memakai aplikasi ‘Wattpad’ atau ‘Flipboard’ sebagai upaya gerakan literasi; materi bercerita atau storytelling menggunakan aplikasi ‘cartoon story maker’, ‘photo story’dan ‘picsay’; serta menggunakan ‘screencast-o-matic’ untuk materi membaca teks berita.

Melaksanakan pengajaran dan pembelajaran terintegrasi yang utuh berarti mengkombinasikan pendekatan ilmiah 5M (mengamati, menanyakan, mengasosiasikan, mencoba dan mengkomunikasikan) dengan karakter pembelajaran 4C dalam langkah-langkah pembelajaran. Karakter pembelajaran 4C adalah apa yang dibutuhkan untuk hidup bermasyarakat pada masa yang akan datang. Sementara itu pendekatan ilmiah 5M adalah upaya ilmiah agar siswa mampu menjadi bagian dari masyarakat akademis. 

Kemajuan pendidikan harus mengikuti perkembangan dan perubahan zaman. Ilmu pengetahuan dan Teknologi Informasi perlu disikapi sebagai kebutuhan saat ini. Pembelajaran abad 21 bertujuan mempersiapkan siswa untuk menghadapi masa depan. Rangkaian penerapan K-13 dan pembelajaran yang terintegrasi merupakan upaya bersama untuk pendidikan Indonesia yang semakin maju. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI SONG 1

SONG KD 3.4: Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/ SMK/MAK  KD 4.4: Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/ SMK/MAK  A song consists of: Title – Lyrics – Theme - Expression of particular feeling - Moral lessons Examples of songs theme:   Peace, Environmental care, Friendship, Family, Patriotism, Parental love, Love, Protest. Examples of feeling within songs:   Lonely, Hopeful, Remorse, Faithful, Brave, Optimist Moral Lesson -Moral lessons of a song contain the important messages from the lyrics’ writer (or the singer) to the people who listen to the songs -A song may have more than one moral lessons -The moral songs are interpreted based on the freedom of the listeners Grammar Focus/Language features Some songs show expression of feeling through the lyrics, here are some example: Title/Singer: Eric Clapton  Lyrics: I must be strong and carry on. Cause I

APPLICATION LETTER 2

  Meeting 2 By Ms. Nuraeni Language features of application letter: Usually we find passive voice, present perfect, past perfect and present tense in application letter. a.   Passive voice: S + to be + V3 My curriculum vitae is attached The application letter has been sent on September 23, 2020 I can be contacted at 08624753802 or my email address rainynoer@yahoo.com b.   Present Perfect Tense: S + have/has + V3 I have graduated from University of Padjajaran in 2019 She has worked at the company for 5 years c.   Past perfect tense: S + had + V3 I had experienced in handling many customers affair when I worked at restaurant as guest relation officer. I hope you had written your curriculum vitae d.   Present Tense: S + V1 I work as secretary at one of the reputable companies in my town now. I am hard worker, good looking, and smart.   Read the following application letter and find out the language features used in the text. Nancy Wright 3

Recount Text: Biography of Famous People

  Recount - Biography Text Tujuan Pembelajaran: Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recout lisan dan tulis dalam bentuk biografi tokoh terkenal; dan mampu menangkap makna serta menyusun tek s recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi terkait tokoh terkenal sesuai konteks. Learning goals: Students will be able to differentiate a social function, the structure of the text, and the language features of several texts.  Students will be able to understand meaning get a new understanding of famous people's life. Students will be able to arrange a recount biography text about their precious people A recount is a text which retells event or experiences in the past, meanwhile, a biography is a detailed description of a person's life includes the basic facts like education, work, relationships, and death. By learning the recount biography text, we can know about someone's actions and