Langsung ke konten utama

Proses Menulis dengan Enam Langkah

 

Proses Menulis dengan Enam Langkah

Oleh Mursyid

Telah terbit di gurusiana.com tahun 2017

Menulis adalah salah satu dari keterampilan berbahasa selain menyimak, berbicara, dan membaca. Secara personal, penulis merasakan bahwa keterampilan menulis adalah yang paling sulit. Setelah membaca beberapa referensi yang berkaitan dengan keterampilan menulis, maka akan dijelaskan langkah-langkah menulis.

“Menulis itu berjamaah”, demikian diungkapkan dalam salah satu judul bab pada buku POKOKNYA MENULIS (Alwasilah, 2013). Menulis secara berjamaah atau kolaborasi adalah lebih baik sebab beberapa alasan. Pertama, dalam berjamaah selalu ada imam atau orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman menulis. Kedua, kolaborasi berperan sebagai ajang silaturahmi ilmu pengetahuan antar penulis. Ketiga, jika ditemukan keliru, saling mengingatkan dalam kolaborasi membuat penulis semakin mengenal potensi diri. Terakhir, kolaborasi memberikan kesempatan agar penulis mengembangkan potensi dan kesenangannya. Sebagai rekomendasi, maka menulis secara berkolaboratif sangat disarankan untuk mendapat tulisan yang semakin berkualitas.

Penulis yang baik akan melalui beberapa langkah untuk memproduksi sebuah tulisan masterpiece-nya. Berikut ini akan dipaparkan langkah-langkah menulis yang layak dipraktekkan dalam menulis yang diambil dari buku Academic Writing from paragraph to essay oleh Rumisek (2005). Rangkaian proses menulis terdiri dari memilih sebuah topik, mengumpulkan ide-ide, mengorganisasikannya, menulis dari awal sampai akhir, mereviu struktur dan konten, revisi, proofreading atau membaca teliti, dan membuat koreksi terakhir.

Langkah pertama. Memilih sebuah topik. Sebelum menulis, tentukanlah topik yang ingin anda tulis. Semakin spesifik akan semakin bagus. Jika topik sudah diputuskan, maka tetaplah fokus untuk tetap bersama topik tersebut. Sebaiknya jangan terpengaruh untuk beralih topik.

Langkah kedua. Mengumpulkan ide-ide yang berkaitan dengan topik. Setelah menentukan topik yang akan ditulis, anda dapat mengumpulkan ide berupa kata, frasa, atau kalimat yang berkaitan dengan topik. Menuliskan ide dapat menggunakan teknik menulis sebebasnya (freewriting) juga bisa menggunakan mind-mapping dalam waktu yang relatif singkat misalnya 5 menit.

Langkah ketiga. Mengorganisasikan ide yang terkumpul. Dari banyaknya ide yang ditulis pada langkah sebelumnya, pilihlah ide mana yang akan digunakan dalam tulisan anda. Kemudian susunlah ide mana yang akan dibahas pertama, kedua, dan seterusnya sampai ide penutup.

Langkah keempat. Menulislah dari awal sampai selesai. Setelah ide pokok tersusun urutannya, kembangkanlah ide-ide tersebut menjadi kalimat utama. Jadi, dari kata-kata berubah ke bentuk kalimat-kalimat utama. Jika sudah menjadi kalimat, selanjutnya tinggal dielaborasikan dengan menambahkan kalimat-kalimat penjelas yang mendukung ide pokok. Pokoknya pada langkah ini menulis dari ide pokok ke kalimat utama. Kemudian ditambahkan kalimat-kalimat penjelas sampai menjadi paragraf. Kalau sudah selesai selanjutnya kita sebut sebagai draf.

Langkah kelima. Reviu struktur teks dan kontennya. Periksalah kembali apa yang sudah anda tulis. Bacalah teks tersebut oleh diri anda sendiri. Rasakanlah apakah rangkaian katanya sudah terasa nyaman dan mudah dicerna ataukah terlalu sulit untuk difahami. Buatlah coretan terhadap bagian kata dan kalimat yang rancu, diksi atau pilihan kata yang tidak sesuai, termasuk keluwesan pesan yang terkandung pada setiap kalimat. Kalau menulis secara berjamaah (kolaboratif) dengan teman akan lebih mudah dalam mereviu keseluruhan teks. Carilah beberapa teman menulis yang berkenan mereviu tulisan kita.

Langkah keenam, sebagai langkah yang terakhir, teks memerlukan Revisi, Proofreading, dan Koreksi. Setelah langkah kelima selesai, bisa jadi anda memerlukan perbaikan pada urutan struktur teks, konten, bahkan mungkin penambahan kalimat penjelas. Proofreading adalah kegiatan membaca ulang teks secara menyeluruh dengan teliti. Anda memerlukan proofreader yaitu orang yang dapat melakukan proofreading. Seseorang yang mampu mengecek ejaan kata, tanda baca, termasuk pilihan kata yang berkaitan dengan teks yang anda tulis. Sebagai sentuhan terakhir, buatlah koreksi terakhir. Cek ulang kesalahan tulis yang ditemukan oleh proofreader dan tulislah kembali tulisan anda. Selamat, teks yang anda tulis sudah selesai!

Demikian tulisan mengenai proses menulis dengan enam langkah. Semoga dapat memberi manfaat bagi anda yang akan menulis. Bagi pembaca yang sudah ahlinya dalam menulis, saran dan koreksi sangat saya perlukan.

Daftar Pustaka

Alwasilah, A. C. (2013). POKOKNYA MENULIS. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Rumisek, D. E. (2005). Academic Writing from paragraph to essay. London: Macmillan Publisher.

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI SONG 1

SONG KD 3.4: Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/ SMK/MAK  KD 4.4: Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/ SMK/MAK  A song consists of: Title – Lyrics – Theme - Expression of particular feeling - Moral lessons Examples of songs theme:   Peace, Environmental care, Friendship, Family, Patriotism, Parental love, Love, Protest. Examples of feeling within songs:   Lonely, Hopeful, Remorse, Faithful, Brave, Optimist Moral Lesson -Moral lessons of a song contain the important messages from the lyrics’ writer (or the singer) to the people who listen to the songs -A song may have more than one moral lessons -The moral songs are interpreted based on the freedom of the listeners Grammar Focus/Language features Some songs show expression of feeling through the lyrics, here are some example: Title/Singer: Eric Clapton  Lyrics: I must be strong and carry on. Cause I

APPLICATION LETTER 2

  Meeting 2 By Ms. Nuraeni Language features of application letter: Usually we find passive voice, present perfect, past perfect and present tense in application letter. a.   Passive voice: S + to be + V3 My curriculum vitae is attached The application letter has been sent on September 23, 2020 I can be contacted at 08624753802 or my email address rainynoer@yahoo.com b.   Present Perfect Tense: S + have/has + V3 I have graduated from University of Padjajaran in 2019 She has worked at the company for 5 years c.   Past perfect tense: S + had + V3 I had experienced in handling many customers affair when I worked at restaurant as guest relation officer. I hope you had written your curriculum vitae d.   Present Tense: S + V1 I work as secretary at one of the reputable companies in my town now. I am hard worker, good looking, and smart.   Read the following application letter and find out the language features used in the text. Nancy Wright 3

Recount Text: Biography of Famous People

  Recount - Biography Text Tujuan Pembelajaran: Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recout lisan dan tulis dalam bentuk biografi tokoh terkenal; dan mampu menangkap makna serta menyusun tek s recount lisan dan tulis, dalam bentuk biografi terkait tokoh terkenal sesuai konteks. Learning goals: Students will be able to differentiate a social function, the structure of the text, and the language features of several texts.  Students will be able to understand meaning get a new understanding of famous people's life. Students will be able to arrange a recount biography text about their precious people A recount is a text which retells event or experiences in the past, meanwhile, a biography is a detailed description of a person's life includes the basic facts like education, work, relationships, and death. By learning the recount biography text, we can know about someone's actions and